Makanan Sehat dan Bergizi bagi Anak SMP

 

 


 

 

 

 

 



Jika melihat foto kantin sekolah di atas, apa yang anda pikirkan?

    Sebagian orang pasti akan langsung memikirkan tentang makanan serba pedas, bermicin, minuman yang menyegarkan, manis-manisan, dan berbagai camilan lainnya. Kantin sekolah dapat menjadi solusi yang baik bagi para siswa-siswi ketika rasa lapar dan haus melanda. Terlebih lagi dengan makanan dan minumannya yang berpenampilan menarik. Berwarna-warni serta harganya yang pas di kantong pelajar. Namun di samping semuanya itu, masih banyak siswa-siswi yang abai dengan apa yang mereka makan dan minum dari kantin sekolah maupun dari luar. Sadar tidak sadar ada banyak dari makanan dan minuman tersebut yang masih mengandung pengawet, pewarna makanan, pemanis buatan, dan zat-zat berbahaya lainnya. Yang kemudian akan menimbulkan berbagai gejala penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan.

    Sulit berkonsentrasi dan mudah lelah merupakan kondisi yang sering kita temui di kalangan anak-anak SMP. Dikarenakan banyaknya ragam kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah, banyak anak yang pola makannya jadi tidak beraturan. Begitu juga dengan siklus tidurnya. Hal-hal tersebut kemudian akan mempengaruhi proses pembelajaran anak di sekolah. Meskipun begitu, para siswa-siswi tetap memilih untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat karena kebiasaan. Padahal, di masa remaja mereka ini, asupan gizi yang baik dan cukup sangat diperlukan demi tumbuh dan kembang yang baik bagi tubuh mereka sendiri.

    Orangtua memegang peranan penting dalam hal perbaikan gizi pada anak ini. Menyiapkan bekal yang bernutrisi cukup adalah salah satu contohnya. Diisi dengan karbohidrat, lemak, protein, serta vitamin yang cukup setiap harinya. Namun, jika tidak adanya kemauan dari diri siswa-siswi SMP sendiri, hal demikian tidak akan terlaksana. Oleh karena itu, diperlukan juga peran dari sekolah untuk memberikan pengarahan dan pemahaman tentang betapa pentingnya menjaga asupan gizi, terlebih pada anak-anak remaja SMP. Adapun beberapa contoh makanan sehat yang dibawa oleh siswa-siswi SMP Cinta Rakyat 1 Pematangsiantar adalah sebagai berikut :






















Yang bersangkutan :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil saya :